Admin
Senin, 11 April 2022
22 Dibaca


image1

Payakumbuh, 29 Maret 2022 

Pada hari ini Selasa tanggal 29 Maret 2022, Tim Driver Pug dan Tim Focal Point PUG Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan acara pertemuan dengan agenda Sosialisasi penguatan peran dan Fungsi Tim Teknis/Driver PUG dan Focal Pint PUG Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022. Pelaksanaan Sosialiasai ini merupakan amanat dari Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor 050/145/II/Pem-PM/Bappeda-2022 Tentang pedoman Pelaksanaan rencana Aksi Daerah Prengarusutamaan Gender Bagi Pemerintah Kabaten/Kota Se-Sumatera Barat Tahun 2022 untuk pelaporan Checkpoint B03 (Januari-maret 2022). Pada Acara Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Bappeda Propinsi dan Widyaiswara PUG dari Propinsi Sumatera Barat. Kegiatan Sosialisasi ini merupakan agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahunnya, dimana hal ini bertujuan memberikan penguatan terhadap Tim Teknis/Tim Driver PUG Kabupaten Lima Puluh Kota terhadap tugas dan fungsinya dalam pelaksanaan Perencanaaan Penganggaran Yang Responsive Gender.

Pelaksanaan Sosialisasi ini juga ditujukan kepada Tim Focal Point PUG dimana hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran para perencana pada Perangkat Daerah tentang konsep gender dan Pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah, serta para perencana Perangkat daerah memahami tentang penyusunan dokumen Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) .

Berdasarkan hasil evaluasi dan review yang dilaksanakan oleh inspektorat terhadap penyusunan GAB/GBS ini, pelaksanaan Sosialisasi terkait dengan penyusunan GAB/GBS harus sering dilaksanakan, hal ini dikarenakan pergantian pengelola kegiatan yang terjadi serta masih kurangnya pemahaman perencana terkait dengan penyusunan GAB/GBS menjadi faktor utama dalam mewujudkan Perencanaan Dan Penganggaran Yang Responsife Gender (PPRG) di Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Berdasarkan hasil evaluasi terhadap Randa PUG yang dilaksanakan oleh Tim Driver Propinsi, maka selama 2 Tahun berturut- turut dari tahun 2020 sampai 2021, maka Kabupaten Lima Puluh kota menjadi Salah satu Kabupaten yang mendapatkan penghargaan dengan Kategori Sangat Memuaskan untuk Pelaporan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender (Randa PUG), dan hal tersebut merupakan bukti keseriusan Kabupaten Lima Puluh Kota dalam pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Yang Responsive Gender (PPRG).

Galeri Video



Agenda

Polling

Bagaimana Pembangunan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Baik
Sedang
Cukup
Masih Kurang

LIHAT

Statistik


Banner


Saran Masuk



Sampaikan Saran Anda