Admin
Senin, 04 April 2022
20 Dibaca


image1

Payakumbuh, 10 Maret 2022

Rapat Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022

Pada hari ini Kamis tanggal 10 Maret 2022, Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Tim Pokja Data Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan pertemuan dengan agenda persiapan pelaksanaan Evaluasi Mandiri Kabupaten Layak Anak Tahun 2021. Pertemuan ini dilaksanakan dengan berpedoman kepada hasil sosialisasi evaluasi KLA yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bulan sebelumnya. Berdasarkan jadwal yang diterima, maka Kabupaten Kota diberikan waktu evaluasi mandiri  mulai tanggal 7 Maret s.d 12 April 2022.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Lima Puluh Kota telah berpartisipasi dalam pelaksanaan KLA sejak tahun 2014, 7 tahun berlalu Kabupaten Lima Puluh Kota dalam 3 tahun terakhir telah mampu berada di posisi Madya, dan untuk kinerja selanjutnya diharapkan Kabupaten Lima Puluh Kota dapat meningkat menjadi posisi Nindya, itu artinya 60 persen sarana dan prasarana sudah ramah anak.

Sehubungan dengan ingin dicapainya posisi Nindya pada tahun-tahun mendatang, ada 5 poin penting penilaian yang sampai saat ini belum dapat terpenuhi secara optimal oleh Kabupaten Lima Puluh Kota, antara lain:

  1. Belum optimalnya pengisian jawaban evaluasi di dalam aplikasi evaluasi KLA.
  2. Belum adanya PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak)
  3. Belum optimalnya keterlibatan Camat dan Nagari dalam pelaksanaan KLA
  4. Belum terlibatnya Kecamatan dan Nagari dalam Tim Pokja Data
  5. Belum adanya APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia)

Selain hal-hal diatas, agenda pertemuan kali ini membahas antara lain:

  1. Menyepakati dukungan pelaksanaan evaluasi KLA
  2. Memetakan dukungan dari stakeholders dan PD terkait pelaksanaan evaluasi KLA
  3. Menyepakati ugas dan tanggung jawab anggota tim Gugus Tugas dan Pokja Data KLA dalam mensukseskan evaluasi KLA.

Beberapa masukan dan tanggapan dari peserta rapat yang dihadiri oleh Perangkat Daerah seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan dan sebagainya serta instansi vertikal seperti Polres Kabupaten dan Kota, Kemenag, BPS, BPJS Ketenagakerjaan, sepakat untuk mendukung suksesnya pelaksanan evaluasi KLA tahun ini. Disamping itu disepakati hal-hal sebagai berikut:

  1. Sekretariat akan segera melakukan perbaikan SK Tim Pokja Data dikarenakan adanya perubahan struktur di masing-masing Perangkat Daerah.
  2. Sementara SK Tim Pokja Data diperbaiki, maka sekretariat dan PD terkait tetap melakukan pengentrian pada aplikasi evaluasi KLA.
  3. Rapat Tim Pokja Data akan dilaksanakan segera pada pertengahan bulan Maret 2022.
  4. Untuk meningkatkan target pencapaian KLA dari Madya menuju Nindya, maka akan Tim Gugus Tugas akan melakukan berbagai upaya untuk pemenuhan indikatornya.

Galeri Video



Agenda

Polling

Bagaimana Pembangunan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Baik
Sedang
Cukup
Masih Kurang

LIHAT

Statistik


Banner


Saran Masuk



Sampaikan Saran Anda