Admin
Minggu, 19 Juni 2022
43 Dibaca


image1

Jakarta, Juni 2022, Bupati Lima Puluh Kota, Bapak Safaruddin Dt, Bandaro Rajo, SH, melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Pusat, salah satu agenda kerja Bapak Bupati adalah menyerahkan secara langsung Proposal Normalisasi Batang Sinamar kepada Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR RI.

Dalam prosesi penyerahan proposal tersebut, Bupati diterima oleh Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air, Bapak Ir. Birendrajana, MT, mewakili Dirjen Sumber Daya Air, Kementrian PUPR RI, dan dalam kesempatan ini Bupati didampingi oleh Asisten III, Plt. Kepala Bapelitbang, dan Kepala Dinas PUPR.

Penyampaian Proposal ini dilatarbelakangi oleh banjir yang terjadi akibat meluapnya Batang Sinamar, yang kejadiannya berulang setiap tahun dan berdampak kepada kerugian masyarakat, terutama di 3 (tiga) kecamatan, yaitu Kecamatan Harau, Kecamatan Lareh Sago Halaban, dan Kecamatan Akabiluru. Dari kajian teknis, ditemukan bahwa permasalahan yang menjadi penyebab utama meluapnya Batang Sinamar adalah adanya penyempitan (Bottle Neck) di beberapa titik aliran sungai, sehingga untuk penanggulangannya perlu dilakukan normalisasi aliran pada daerah Bottle Neck tersebut.

Dalam rangka percepatan proses normalisasi aliran Batang Sinamar ini, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota telah melakukan upaya-upaya, diantaranya:

  • Konsultasi Perencanaan Program Strategis Nasional Di Daerah dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) Padang, disini didapat informasi bahwa telah disusun DED Batang Sinamar.
  • Pembentukan Tim Percepatan melalui Keputusan Bupati Lima Puluh Kota Nomor 761/16/ BUP-LK/I/2022, dan telah melakukan beberapa pertemuan untuk membahas percepatan penanganan Batang Sinamar
  • Proses Pembebasan Lahan, yaitu dengan telah didaftarkannya seluruh lahan yang akan dinormalisasi ke Kantor Pertanahan Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Nomor Berkas Permohonan 9208/200.
  • Penyusunan Dokumen Lingkungan yang telah dimulai pada tanggal 7 Juni 2022 dengan waktu penyelesaian selama 60 hari kalender, yang diharapkan selesai pada tanggal 5 Agustus 2022.

Dengan disampaikannya Proposal Normalisasi Batang Sinamar kepada Ditjen Sumber Daya Air secara langsung oleh Bapak Bupati dan upaya-upaya percepatan terkait dengan persyaratan teknis yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, maka Kita berharap Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR RI dapat segera mengabulkan permohonan tersebut, sehingga masyarakat terdampak banjir di sepanjang Batang Sinamar, bisa menikmati hidup tanpa dihantui oleh bahaya akibat terjadinya banjir.

Galeri Video



Agenda

Polling

Bagaimana Pembangunan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Baik
Sedang
Cukup
Masih Kurang

LIHAT

Statistik


Banner


Saran Masuk



Sampaikan Saran Anda