Admin
Kamis, 09 Juni 2022
13 Dibaca


image1

Bapelitbang, 23 Mei 2022

Penguatan kelembagaan, perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan yang responsive gender merupakan upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mengatasi ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat di daerah.

Sehubungan dengan sedang dilaksanakannya penyusunan dokumen perencanaan untuk tahun 2023 dan menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat nomor 050/145/II/Pem-PM/Bappeda-2022 Tentang Pedoman Pelaksanaan Rencana Aksi Daerah Pengarusutamaan Gender Bagi Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat Tahun 2022, maka selaku Pokja PUG perlu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pendukungan PUG di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bapelitbang selaku Ketua Pokja PUG diwakili oleh Kepala Bidang Sumber Daya Manusia, Sosial Budaya dan Pemerintahan memimpin rapat evaluasi bersama dengan Ibu Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) untuk memastikan hasil pemetaan program kegiatan dan sub kegiatan PUG tahun 2023 serta memonitoring perkembangan penyusunan GAB GBS Perangkat Daerah untuk Tahun 2023. Terdeteksi hanya ada 36 Perangkat Daerah yang melengkapi dan menyerahkan hasil analaisi GAB GBS nya ke Sekretariat PUG di DPPKBP3A, sehinga masih ada 6 Perangkat Daerah lain yang belum memenuhi kewajibannya. Untuk itu diberikan batas waktu kepada PD dimaksud agar segera melengkapi dan menyerahkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Disamping itu, dengan juga didampingi oleh Inspektur Pembantu III dari Inspektorat, dilakukan analisa sederhana terhadap Program Kegiatan dan Sub Kegiatan pendukungan PUG dari PD, diketahui masih ada beberapa PD yang belum menempatkan program kegiatan yang tepat serta desain bentuk kegiatan yang sesuai dengan PUG. Disamping itu ada juga bentuk kegiatannya yang hanya bersifat rutin dan tidak menggambarkan PUG itu sendiri. Untuk itu kedepan, penguatan dan advokasi terhadap PD tetap harus dilakukan dengan juag memperkuat Tim Driver selaku penggerak dan pengawas dalam pelaksanaan PUG di Kabupaten Lima Puluh Kota.

#Stop Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Galeri Video



Agenda

Polling

Bagaimana Pembangunan yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini?
Baik
Sedang
Cukup
Masih Kurang

LIHAT

Statistik


Banner


Saran Masuk



Sampaikan Saran Anda